Ga Kerasa Udah 4 tahuN kuliah – .. (Awal-awal nyari Kuliahan)

Bermula dari keraguan, apakah melanjutkan kuliah atau tidak selepas lulus SMK, karena dirumah belum ada yang kuliah.. Hingga akhirnya, keyakinan untuk berkuliahpun muncul,, dengan upaya meyakinkan keluarga, khususnya kepada Ortu, yang memang belum pernah menguliahkan anak, sehingga upaya meyakinkan tersebutpun sangat berat….

Berupaya meyakinkan bahwa insyaAllah  gw akan sungguh-sungguh kuliahnya, and masalah biaya gw ngeyakinin bahwa rezeki nanti mah ada ajja, mungkin dapet kali beasiswa mah,, akhirnya gw pun diizinkan untuk membeli formulir sebuah PTN di Jakarta, untuk mengikuti seleksinya,,,

Dengan membawa uang Rp. 300.000 yang pada saat itu boleh memilih 3 jurusan, gw dianterin mpo gw, ke PTN tersebut. Kita ngedaftar dengan membeli formulir,,,

Ada 3 jurusan yang harus dipilih, karena gw inget pesen guru Akuntansi gw di SMK untuk memilih prodi muamalah dan ngambil konsentrasi Perbankan Syariah, maka pilihan ke-1 gw pun berpihak pada Perbankan Syariah, selanjutnya tanpa bingung-bingung gw pun milih konsentrasi yang ke-2 yaitu yang tertera di barisan bawah Perbankan Syariah di List, yaitu Asuransi Syariah, maka gw pun pilih juusan ke-2 gw yaitu Asuransi Syariah.

Lalu formulir tersebut pun boleh dibawa pulang untuk dilengkapi aplikasi-aplikasi yang diperlukan,, setelah aplikasi yang diperlukan selesai, maka gw pun kembali Ke PTN tersebut dan minta dianterin ama sahabat gw di SMK yang pada saat itu menggemaskan karena gemuk, chubby, kocak,,, tapi au dah sekarang gimana… ULAN.. itulah namanya. Gw dianterin si Ulan. Sampe sana ada yang kelupa, ternyata gw lupa milih jurusan yang ke-3. akhirnya dengan mendesak gw minta saran Ulan untuk milihin jurusan gw yang ke-3.. hingga pada akhirnya jurusan ke-3 jatuh pada jurusan ”Perbandingan Mazhab Fikih”.. Weeeeew berat banget bukan,, secara gw jebolan anak umum, bukan pesantren.. Anehnya lagi, 3 jurusan yang gw pilih itu berasal dari satu fakultas, yaitu Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).. kenapa demikian, karena yang gw kira bahwa gw harus memilih jurusan hanya dalam satu fakultas saja… padahal, niat gw nih, jurusan yang favorit gw banyak,,, (pendidikan Matematika, Akuntansi, Perbankan Syariah, Pendidikan Agama Islam), yang terealisasi hanya PERBANKAN SYARIAH..

Yaudah gw balikin dah tuh formulir, trus dapet kartu ujian seleksi… gw bener-bener nekat,, gw kaga ngikut yang namanya bimtest masuk PTN tersebut. Pokoknya yang dipikiran gw saat itu, kalo lulus ya kuliah, kalo kaga ya kerja. Hehehe

Waktunya Test(Ujian Mandiri) Tiba..

Gw dateng pagi-pagi dianterin ama temen gw yang kebetulan sekolahnya depan PTN tersebut, dan dia udah tau seluk beluknya tuh kampus.. Piyan, begitulah gw manggil temen gw tersebut,, gw dianterin ama temen gw ke Fakultas Tarbiyah lt. 4.. gw langsung test tulis,, yang diujikan yaitu,, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Agama Islam, Bahasa Arab, IPS, IPA Biologi, KIMIA, apa lagi ya ???? kayanya si itu,, gw yang notabene-nya dari SMK(sekolah umum) bingung bener dengan beberapa materi yang di Test, khususnya IPA, gw anak Akuntansi di SMK, jadi ga ngerti sma sekali Biologi dan Kimia, walaupun gw penah dapet Biologi waktu MTs, bahkan ampe sempet ikut olimpiade subject tersebut, tapi tetep ajja gw ga bisa ngerjain IPA, apalagi Kimia,, beeeehh ngeBul nih pala #Lebaaay…

Matematika yang diujikan pun matematika SMU karena Matematika SMU dan SMK ada yang berbeda, di SMK kita samasekali ga belajar sin,cos,tan, apa lagi ya… pokoknya bingung.. udah gitu gw baru inget, kalo mau ngambil Perbankan Syariah, di Matematikanya harus bagusss…

Mata pelajaran lainnya yang lumayan bikin bingung yaitu Bahasa Arab,, untuk dasar-dasarnya ajja insyaAllah gw tau, seperti fiil, fail, maf’ul, mubtada, khobar, idhofah, na’at man’ut…. karena sebelumnya di MTs gw dapet pelajaran bahasa Arab, dan di MI gw dapet bahasa Arab dan Nahwu Wadhi… tapi tetep ajja, kalo urusan mufrodat,, yang ada dikepala gw ga banyak…

Test gw jalanin aja,,,

Test pada hari pertama berlalu yaitu test tertulis, menuju pada test hari ke-2 yaitu test lisan..

Isu-isu terdengar bahwa test lisan di PTN ini yaitu membaca al-Qur’an, imla’ bahasa Arab, hafalan surat pendek, hafalan bacaan shalat, dan yang paling menyeramkan adalah membaca Arab gundul yang tak berharokat, diartikan dan dijelaskan maknanya…. ampun deh,, tapi Bismillah saja dah…

Saat test lisan berlangsung, gw ngeliat di meja pengujinya ada Arab gundul, lalu gw maju… pertama gw ditanya mau masuk jurusan apa dan apa alasannya,,  gw jawab,, lalu beliau suruh gw baca al-Qur’an, baca bacaan duduk antara dua sujud, imla salah satu ayat di surat Al-Fatihah, hafalan surat al-insyirah, Alhamdulillah gw bisa, dag dig dug,, apa lagi yang bakal disuruh,, karena beliau tau gw bukan dari Pesantren or Aliyah, gw pun ga disuruh baca kitab gundul,, Alhamdulillah (dalam hati)…

Test pun selesai,,,

Hari berganti hari , minggu berganti minggu, hingga pada akhirnya hari yang ditunggu-tunggu pun tiba,, yaitu hari dimana gw tau apakah gw lulus seleksi Ujian Mandiri PTN tersebut, jika lulus, gw dapet jurusan apa sii yaa ??

Lalu gue ke PTN tersebut sendiri untuk melihat hasilnya… (Bersambung……)

1 Comment

  1. Ping balik: Kebersamaan Tim Garuda24 (21-23 Okt 2011) – Puncak & Taman Bungan Nusantara « 안녕하십니까

Please Comment Dooooong !!! :)

