Empat tipe manajer islami

Tipe – Tipe Manajer Yang Diperlukan Dalam Manajemen Islami menurut Didin Hafidhuddin dan Hendri Tanjung dalam bukunya Manajemen Syariah antara lain :

  1. Ketegasan, Jika seseorang manajer mengatakan sesuatu itu A dengan argumentasi yang jelas, maka harus disepakati bahwa itu adalah A. manajer yang sangat dibutuhkan saat ini adalah manajer yang mempenyuai ketegasan dalam menentukan sikap.
  2. Musyawarah. Manajer yang baik adalah manajer yang selalu bermusyawarah yang esensinya saling tukar pendapat, yang merespon pendapat-pendapat bawahan dan keluhan mereka.
  3. keterbukaan. Seperti yang dicontohkan oleh Umar Bin Khattab. Beliau merupakan seorang manajer sekaligus pemimpin yang baik. Sejarah telah mencatat, ketika umar mengumpulkan wanita-wanita karena pada saat itu banyak laki-laki bujangan yang sudah tua dan belum beristeri. Ternyata sebabnya adalah pada saat itu mahar untuk menikahkan seotang wanita terlalu mahal. Umar mengatakan, “wahai para wanita, kalian jangan membuat mahar yang mahal-mahal”. Mendengar hal ini, seorang wanita langsung protes sambil membacakan surah an-nisa:20, yang artinya :

“….. sedang kamu telah memberikan kepada seseorang di antara mereka harta yang banyak…”(An-Nisa:20)

“saya tidak setuju kepada kebijakan anda”.

Langsung Umar mengatakan, “Umar salah dan wanita itu yang benar.”

Kisah ini menunjukkan bahwa manajer yang baik itu adalah manajer yang transparan dan terbuka dalam segala hal menyangkut pekerjaan dan kebijakan, bahkan juga menyangkut keuangan dan gizi serta penghasilan lainnya.

4. Pemahaman yang mendalam terhadap tujuan organisasi. Visi dan misi dari organisasi harus dipahami benar oleh seorang manajer, sehingga organisasi itu dapat berjalan dengan baik.

Sumber : Hafidhuddin, Didin dan Hendri Tanjung,Manajemen Syariah dalam praktik. Cet- 1:Jakarta. Gema Insani Pers.

2 Comments

Please Comment Dooooong !!! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s